• 30

    Sep

    Tak Seperti Lebaran Tahun Lalu

    Tak seperti tahun-tahun lalu, lebaran tahun ini aku tak pulang. Tahun ini pula untuk pertama kalinya kurayakan Idul Fitri jauh di tanah Afrika. Jauh dari keluarga. Jauh-jauh hari pula aku sudah mempersiapkan diri untuk ini, untuk tidak merasakan hangatnya berkumpul bersama keluarga, untuk tidak menikmati kerabu toge, sajian rutin keluarga saat berbuka puasa, untuk tidak merasakan lontong gulai ayam yang biasanya disajikan setiap 1 Syawal oleh mak ku, untuk tidak merasakan kumpul-kumpul bersama teman-teman di kampung halaman, handai taulan dan ke-5 saudaraku yang semuanya tinggal terpisah di luar kota. Idul Fitri di sini dirayakan hari ini, 30 September, satu hari lebih dulu dari pengumuman Pemerintah Indonesia. Tapi tak apa, sudah biasa. Yang tak biasa adalah suasananya. Malam idul fitri
  • 27

    Sep

    Pernah Ngirim Surat?

    Pasti pernah ya. Apalagi yang kerja di perusahaan-perusahaan ato instansi-instansi pemerintah. Mungkin hampir setiap hari buat surat, terus dikirim via fax ato e-mail, ato via Pos buat yang ngirim dokumen. Tapi bukan surat itu yang gw maksud. Maksud gw adalah surat tidak resmi yang ditujukan untuk kenalan-kenalan kita. Ortu, teman, saudara dan handai taulan. Nah, kalo surat yang beginian, gw yakin belum tentu semua orang pernah. Teknologi telah merubah semuanya. Apalagi sejak munculnya handphone dan booming hingga sekarang, dan sejak internet tidak lagi jadi barang baru. Menulis surat cukup dengan SMS ato e-mail. Semuanya serba praktis dan dijamin nyampe ASAP. Lebih keren lagi, kita bisa ngobrol lewat berbagai aplikasi chating. Setiap tulisan, bisa langsung dibalas, dengan biaya yang rela
  • 29

    Aug

    Laut Tengah

    Tidak seperti biasa, hari libur kali ini kita ke pantai. Biasanya kita lebih sering mengisi hari libur yang cuma 1 hari ini buat istirahat dan olah raga di rumah. Selain kelelahan setelah 6 hari bekerja, tapi juga karena sholat Jumat di mesjid dekat rumah membuat kita bisa saling sapa dengan penduduk sekitar. Biar tetap gaul, soalnya jarang ketemu. :) Sebenarnya pantai bukanlah hal yang aneh. Di Indonesia banyak banget, dengan berbagai kisah tersimpan di dalamnya. Sama dengan pantai ini. Pinggiran Laut Mediterania (Mediterranean Sea) atau biasa kita sebut dengan Laut Tengah ini juga menyimpan banyak kisah. Posisinya unik banget, berada di tengah-tengah 3 benua. Sebelah utaranya Eropa, sebelah selatannya Afrika, sebelah timurnya Asia. Sebelah baratnya terhubung langsung dengan Samudera Atl
  • 26

    Aug

    Mencari Jodoh

    Alkisah, seorang pemuda bertemu seorang temannya. Dia bercerita tentang keinginannya untuk segera menikah, namun sampai sekarang belum menemukan pendamping yang dia inginkan. Diapun memulai ceritanya. “Gadis pertama yang gw kenal telah gw putusin. Karena setelah beberapa waktu jalan bersama, gw menemukan bahwa gadis ini mempunyai beberapa kekurangan.” Si teman manggut-manggut. Si pemuda melanjutkan ceritanya. “Tak lama setelah itu gw bertemu gadis kedua. Gw berharap inilah gadis yang akan jadi pendamping gw, karena kekurangan pada gadis pertama, tak ada padanya. Sayangnya setelah hampir memutuskan untuk meminangnya, gw menemukan kekurangan lain pada dirinya. Akhirnya gw putusin juga gadis ini.” “Nah, beberapa waktu yang lalu gw bertemu gadis ketiga. Menurut g
  • 24

    Aug

    Filipino*) (Bag. 1)

    Seperti biasa dalam perjalanan ke kantor, mobil yang membawaku memasuki halaman rumah bercat cokelat muda, warna paling umum untuk bangunan-bangunan di kota ini. Setelah berhenti sesaat, seorang gadis muda membuka pintu mobil sebelah kanan. Sambil masuk dia berujar, “Pagi.” Kujawab, “Magandang Umaga**)”. “Appa kabaar?” Ucapnya lagi” Mabuti***)”, jawabku sambil tersenyum. Namanya Jenny, teman sekerjaku. Dia bukan orang Indonesia lho, tapi Filipino. Gadis asal Tanza, Cavite, Philippines ini adalah satu dari sekian banyak Filipino di negara ini. Filipino memang fenomenal, mereka mungkin ada hampir di seluruh belahan bumi. Mulai dari Asia, Eropa, Amerika, Australia, Timur Tengah, sampai Afrika. Lah, mereka ngapain? Jawabnya: Kerja. Tenaga kerja
  • 22

    Aug

    Blog...

    Bismillah.. Alhamdulillah, ini blog pertama gw, gak nyangka bisa punya. Awalnya ga tau, sekarang malah punya. Hehe.. Terima kasih buat Lies Surya, teman dari dunia maya, yang telah memperkenalkannya buat gw. God bless you… Semoga blog ini bermanfaat buat gw berbagi kisah, ide dan pemikiran, semoga bisa memberi manfaat buat yang baca. Kalo ada yang senang dengan tulisan gw, syukur…. kalo ada yang ga senang… syukurin… hehe… Maklum, gw ga terlalu bisa nulis. (Ini aja tulisan pertama bikinnya lama banget, hehe..). Bagi yang mo ngajarin, gw terima kasih banget.
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post